SYARAT LAYANAN

  1.  Tentang Taniloka
  2. Pengguna
    1. Umum
    2. Terdaftar
    3. Premium
  3. Kebijakan Privasi
    1. Akun
    2. Saldo
    3. Password & Keamanan
  4. Produk Utama
    1. Barang
    2. Jasa Pengiriman
    3. Jasa Tenaga Kerja
  5. Transaksi
    1. Penjualan
    2. Penawaran Langsung Barang / Jasa
    3. Pembelian
    4. Pengajuan Kebutuhan Barang / Jasa
  6. Pembayaran
  7. Penarikan Dana
  8. Pengiriman
  9. Pembatalan dan Pengembalian
  10. Iklan
  11. Penghargaan
  12. Hukum yang berlaku
  13. Ketentuan Lain

  1. Tentang Taniloka

Selamat datang di Taniloka.id, marketplace agribisnis berbasis online dengan alamat https://www.taniloka.id, selanjutnya disebut “Taniloka”, yaitu media online penyedia jasa perantara transaksi jual beli barang pertanian, jasa pengiriman dan jasa tenaga kerja.

Pengertian pertanian di Taniloka adalah pertanian dalam arti luas, yaitu mencakup seluruh produk di sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan beserta sektor pendukungnya.

Syarat layanan ini bermuatan hukum, sehingga untuk melanjutkan dan menggunakan semua fitur di Taniloka, setiap pengguna wajib memahami dan menyetujui syarat layanan di point selanjutnya.

Hubungi Kami 082233003738 cs@taniloka.id

Alamat:
Jl. Pattimura, Ruko Plaza Segi Delapan, Kav D825.
Sukomanunggal, Kota Surabaya, 60189

 Kembali ke atas

  2. Pengguna

2.1. Umum

  1. Pengguna umum merupakan pengguna yang belum melakukan proses pendaftaran. Pengguna umum hanya dapat mengakses fitur yang terbatas dan tidak bisa mengakses fitur jual beli. Untuk akses lebih lanjut bisa melakukan pendaftaran sebagai pengguna terdaftar.

2.2. Terdaftar

  1. Pengguna terdaftar merupakan pengguna yang sudah melakukan proses pendaftaran dan berhak mendapat akses terbatas pada fitur jual — beli.
  2. Pengguna terdaftar berhak melakukan upgrade ke pengguna Premium untuk mendapat fasilitas jual beli yang lebih prospektif.

2.3. Premium

  1. Pengguna premium merupakan pengguna umum yang sudah melakukan proses upgrade dengan membayar iuran tahunan sesuai ketentuan.
  2. Fasilitas lebih yang didapatkan dari pengguna premium adalah :
    1. Mendapat akses fitur “Tawarkan Langsung (Penawaran ke Purchasing order)” dan “Mengajukan Kebutuhan produk (Menerbitkan Purchasing Order)”.
    2. Mendapat badget premium di Nama Usaha dan bisa custom cover banner.
    3. Mendapat banner iklan +IKUTI MITRA yang muncul di homepage

 Kembali ke atas

  3. Kebijakan Privasi

3.1. Akun

  1. Akun merupakan “Pengguna Terdaftar” yang sudah melalui proses pendaftaran dan terdaftar dengan nama unik (tidak ada nama kembar) yang tidak bisa diubah dan dihapus.
  2. Proses pendaftaran sebagai pengguna baru adalah gratis atau tidak dipungut biaya.
  3. Pengguna terdaftar dapat melakukan transaksi jual beli dan memanfaatkan fitur yang hanya dapat digunakan oleh pengguna terdaftar.
  4. Setiap pengguna terdaftar dapat menjual produk barang, jasa pengiriman atau jasa tenaga kerja yang disebut “Penjual”.
  5. Penjual juga dapat membeli produk dari penjual lainnya. Penjual yang sedang melakukan proses pembelian disebut “Pembeli”.
  6. Untuk menjual produk dapat dilakukan dengan cara membuka Usaha (Toko Online Taniloka). Nama Usaha bisa sama dengan nama pengguna atau bisa berbeda, yaitu dengan pembuatan nama Usaha baru yang bersifat unik, tidak bisa diubah dan dihapus.
  7. Setiap Penjual berhak untuk menambah, menghapus atau mengubah produk barang atau jasa di etalase produk dan melakukan pengaturan di setiap fitur yang disediakan.
  8. Taniloka berhak tanpa pemberitahuan kepada Penjual mengubah hingga menghapus Produk atau Usaha jika ditemukan pelanggaran terhadap Syarat Layanan.
  9. Pengguna dilarang keras menambah atau menggunakan perangkat yang bisa mengubah atau memanipulasi proses transaksi.

3.2. Saldo

  1. Saldo hasil transaksi akan tersimpan di rekening Taniloka dan dapat dipindahkan jika Pengguna melakukan pencairan dana.
  2. Pihak Taniloka berhak untuk mengawasi, menyesuaikan hingga menghapus data transaksi jika diduga ditemukan pelanggaran syarat layanan yang dilakukan Pengguna.
  3. Pihak Taniloka berhak melakukan pembekuan rekening saldo jika ada indikasi pelanggaran syarat layanan.

3.3. Password & Keamanan

  1. Untuk keamanan system, setiap pendaftaran akun baru, pengguna mendapat kode One Time Password (OTP) untuk proses selanjutnya dan mengakses fitur — fitur jual beli Taniloka.
  2. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Biaya OTP yang timbul dari penyedia jasa telekomunikasi, akan dibebankan ke marketplace dengan maksimal 3x penggunaan. Untuk selanjutnya biaya OTP akan dikenakan ke Pengguna.
  3. Pengguna mempunyai kewajiban untuk menjaga kerahasiaan akun dan password.
  4. Pihak Taniloka tidak mempunyai hak dengan alasan apapun untuk meminta username, password dan kode OTP ke pada pengguna.
  5. Dengan ini pengguna memahami dan menyetujui bahwa kelalaian yang menyebabkan terbukanya kerahasiaan akun dan password kepada pihak lain menjadi tanggung jawab pengguna sepenuhnya dan pihak Taniloka tidak bertanggung jawab atas kerugian yang ditimbulkan.
  6. Penjual dilarang menggunakan media pesan atau ulasan Taniloka untuk mempromosikan produknya sehingga menyebabkan terganggunya pengguna lain.

 Kembali ke atas

  4. Produk Utama

4.1. Barang

  1. Merupakan fitur jual beli barang yang selanjutnya disebut sebagai TANILO-B (Taniloka Barang).
  2. Barang merupakan produk fisik yang mempunyai berat dan dimensi.
  3. Barang yang dipajang merupakan produk yang terkait dengan pertanian, seperti pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan.
  4. Informasi barang berupa teks dan gambar yang dipajang di etalase harus sesuai dengan barang secara fisik, kecuali ketentuan lainnya yang dinyatakan dalam keterangan tambahan, sehingga memungkinkan terjadinya perubahan fisik.
  5. Dilarang memajang informasi alamat Usaha secara lengkap, baik di gambar maupun di keterangan informasi produk

4.2. Jasa Pengiriman

  1. Merupakan fitur jasa pengiriman barang yang selanjutnya disebut TANILO-X (Taniloka EXpedisi)
  2. Setiap orang yang mempunyai kendaraan seperti Sepeda Motor, Mobil, Pikup atau Truk, yang dapat digunakan untuk mengantarkan barang, dapat didaftarkan sebagai jasa pengiriman dengan membuat rute pengiriman baru.
  3. Pengguna dapat membuat beberapa rute pengiriman sesuai dengan kapasitasnya.
  4. Kendaraan dan informasi rute yang dipajang di etalase harus sesuai dengan sebenarnya.
  5. Dilarang memajang informasi alamat Usaha secara lengkap, baik di gambar maupun di keterangan informasi produk.
  6. Setiap pengambilan barang dari penjual, pengantaran dan penyerahan barang ke pembeli dilakukan menggunakan system tukar kode UNIK.
  7. Jasa pengiriman mendapat form kosong ketika mengambil barang dari penjual. Form kosong tersebut harus diisi dengan kode Unik dari pembeli. Transaksi pengiriman dianggap selesai jika kode unik pembeli cocok dengan system
  8. Jasa pengiriman yang terdaftar di TaniloX mempunyai dua fungsi yaitu :
    1. Iklan Jasa Pengiriman. Transaksi bisa saja terjadi secara langsung antara Jasa Pengiriman dengan Penjual atau Pembeli. Namun pihak Penjual atau Pembeli memahami dan menyetujui transkasi terjadi di luar system dan pihak Taniloka hanya menjadi penyedia informasi iklan dan tidak bertanggung jawab penyalahgunaan atau risiko yang mungkin terjadi. Pihak Taniloka hanya menghimbau untuk mempelajari dulu trackrecord dari penyedia jasa pengiriman tersebut sebelum bertransaksi.
    2. Jasa Kirim menjadi mitra Penjual. Yaitu Penjual menggunakan salah satu jasa pengiriman di TaniloX sebagai alternative jasa pengiriman. Proses transaksi melalui system tukar kode Unik dan masuk dalam system, sehingga keamanan pengiriman lebih terjamin. Namun demikian, penjual tetap menanggung risiko jika terjadi masalah dalam proses pengiriman, karena jasa pengiriman merupakan pilihan dari penjual. Oleh sebab itu penjual sebaiknya menggunakan jasa pengiriman yang sudah dikenal baik untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Sedangkan pihak Pembeli dilarang memberikan kode Unik ke Penjual atau Jasa Pengiriman sebelum barang diterima, jika tidak maka pembeli memahami dan menyetujui dana pembelian yang tersimpan di sistem secara otomatis dicairkan ke penjual.

4.3. Jasa Tenaga Kerja

  1. Merupakan fitur jasa tenaga kerja yang selanjutnya disebut TANILO-K (Taniloka Kerja).
  2. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap profile pekerja dan lowongan kerja yang terdaftar di TaniloK bersifat iklan.
  3. Pasang konten profile dan lowongan sesuai dengan kondisi sebenarnya.
  4. Peran Taniloka hanya berperan sebagai penyedia informasi dan komunikasi tingkat pertama.
  5. Pihak Taniloka tidak bertanggung jawab terhadap konten yang dibuat oleh pengguna.
  6. Proses komunikasi selanjutnya bisa dilakukan secara langsung dan diluar system. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa proses transaksi yang terjadi selanjutnya menjadi tanggung jawab masing-masing pengguna.

 Kembali ke atas

  5. Transaksi

5.1. Penjualan

  1. Penjualan hanya bisa dilakukan oleh Pengguna Terdaftar atau Pengguna Premium, yaitu dengan memposting produk barang, jasa pengiriman atau jasa tenaga kerja.
  2. Kategori produk yang diposting terkait dengan pertanian, peternakan dan perikanan.
  3. Produk yang dijual atau diposting harus memenuhi ketentuan produk di point 13. Hukum yang berlaku.
  4. Setiap pengguna berhak memposting dengan produk jumlah tidak terbatas.
  5. Cara Berjualan :
    1. Login atau masuk ke akun (Daftar akun baru jika belum punya akun)
    2. Klik icon dipojok kanan atas, pilih Profile Usaha
    3. Input Profile Usaha (Nama Usaha, Domain, Logo, Asal, Deskripsi dan Pilihan Kurir).
    4. Selamat datang di tampilan Usaha Baru
    5. Mulai mengisi etalase produk, klik tambah Produk (Barang / Expedisi / Tenaga Kerja).
    6. Input detail produk.
    7. Khusus produk segar atau barang yang tidak bisa dikirim menggunakan expedisi umum, penjual harus memilih expedisi TaniloX di checklist kurir (Penjual bisa membuat expedisi TaniloX sendiri, atau menggunakan TaniloX mitra)
    8. Klik Tombol Tambah, maka Produk sudah tersedia dietalase dan siap dibeli.
    9. Pesanan muncul setelah pembayaran oleh pembeli
    10. Penjual wajib menyiapkan dan mengirimkan barang sesuai dengan informasi di etalase.
    11. Penjual mengirimkan barang melalui kurir yang dipilih pembeli.
    12. Penjual mengkonfirmasi pesanan terkirim dengan memasukan nomer resi di histori pengiriman.
    13. Barang berhasil dikirim jika pembeli mengkonfirmasi terima barang atau jika tidak ada komplain secara system otomatis terkonfirmasi setelah 2 x 24 jam.
    14. Dana otomatis dikirimkan ke rekening penjual setelah barang terkonfirmasi diterima pembeli.

5.2. Penawaran Langsung Barang / Jasa

  1. Penawaran langsung merupakan fitur yang memungkinkan penjual menawarkan langsung ke pembeli yang telah mendaftarkan atau mengajukan kebutuhan barang, jasa pengiriman atau jasa tenaga kerja.
  2. Penawaran langsung terbatas pada pengguna Premium atau pengguna Terdaftar dengan batasan tertentu.
  3. Cara Pengajuan Penawaran :
    1. Login atau masuk ke akun (Daftar akun baru jika belum punya akun)
    2. Untuk mengajukan penawaran harus mempunyai produk di etalase / mempunyai Usaha (baca Cara Berjualan)
    3. Cari peluang di kotak pencarian, gunakan filter PELUANG dan filter lainnya untuk memudahkan pencarian.
    4. Pilih peluang yang sesuai, dengan cara klik tombol Ajukan Penawaran.
    5. Perhatikan detail penawaran produk (Barang / Expedisi / Tenaga Kerja).
    6. Jika peluang sesuai dengan produk yang dimiliki di etalase, klik SALIN TAUTAN berwarna kuning di pojok kanan atas produk.
    7. Kembali ke detail penawaran produk, kemudian tempel tautan produk di form kosong di bawah penawaran. Kemudian klik ajukan penawaran.
    8. Produk sudah berhasil ditawarkan ke peluang.
    9. Hasil penawaran bisa dicek di daftar penawaran.

5.3. Pembelian

  1. Pembelian barang atau penggunaan jasa pengiriman dan jasa tenaga kerja hanya bisa dilakukan oleh pengguna terdaftar.
  2. Demi keamanan dan kenyamanan transaksi, Taniloka senantiasa menjaga pelayanan dan kepuasan pengguna. Maka setiap transaksi pembelian terdapat biaya layanan yang akan dibebankan ke pembeli, berupa biaya transaksi bank dan biaya layanan umum dengan besar sesuai ketentuan.
  3. Jika transaksi gagal atau ditolak penjual, maka dana pembayaran akan dikembalikan 100% ke saldo pembeli.
  4. Cara Berbelanja :
    1. Login atau masuk ke akun (Daftar akun baru jika belum punya akun).
    2. Cari produk (Barang / Expedisi / Tenaga Kerja) di kotak pencarian.
    3. Ketik kata kunci produk dikotak pencarian.
    4. Gunakan Filter BELI dan filter lainnya untuk memudahkan pencarian barang.
    5. Pilih produk yang sesuai.
    6. Lanjutkan Transaksi.
    7. Transaksi selanjutnya hingga pembayaran hanya bisa dilakukan untuk produk Barang. Sedangkan untuk produk Expedisi dan Tenaga Kerja hanya bersifat iklan.
    8. Sebelum melakukan pesanan, perhatikan deskripsi barang, rating penjual, waktu terakhir online dan paling penting menanyakan ke penjual tentang ketersedian stok barang.
    9. Lengkapi informasi tujuan pengiriman.
    10. Pilih kurir pengiriman (Khusus pengiriman menggunakan TaniloX, penjual dan pembeli harus membuat kesepakatan sebelum melakukan pembayaran).
    11. Pilih metode pembayaran yang tersedia dan perhatikan jumlah tagihan.
    12. Jika OK, jangan lupa checklist Setuju Syarat Layanan yang berlaku, kemudian klik tombol BUAT PESANAN.
    13. Lanjutkan pembayaran hingga klik tombol BAYAR.
    14. Notifikasi pesanan baru terkirim ke penjual.
    15. Pembeli menunggu barang dikemas dan dikirim Penjual ke Ekspedisi.
    16. Pembeli menunggu barang dikirim pihak Ekspedisi.
    17. Pembeli bisa memantau status pengiriman disistem lacak.
    18. Setelah barang diterima, periksa kesesuaian barang dengan pesanan.
    19. Klik konfirmasi terima barang agar transaksi selesai atau secara system otomatis akan selesai setelah 2 x 24 jam sejak barang diterima terkonfirmasi sistem. Dana pembelian akan diteruskan ke penjual.
    20. Berikan ulasan untuk penilaian produk untuk membantu penjual atau pembeli lainnya.

5.4. Pengajuan Kebutuhan Barang Atau Jasa

  1. Pengajuan kebutuhan barang atau jasa merupakan fitur yang memungkinkan pembeli mendaftarkan segala kebutuhannya.
  2. Fitur pengajuan atau daftar kebutuhan ini hanya bisa dimanfaatkan oleh Pengguna Terdaftar atau Pengguna Premium.
  3. Cara Pengajuan kebutuhan :
    1. Login atau masuk ke akun (Daftar akun baru jika belum punya akun)
    2. Untuk mengajukan permintaan produk, klik TAMBAH KEBUTUHAN di menu sebelah kiri.
    3. Lengkapi detail Tambah Kebutuhan produk (Barang / Expedisi / Tenaga Kerja).
    4. Hasil dari Tambah Kebutuhan bisa dilihat di Daftar Kebutuhan.
    5. Saat Penjual mulai menawarkan produk, pilihlah produk yang sesuai.
    6. Lanjutkan dengan Transaksi Belanja sesuai produk yang dipilih, sedangkan untuk produk Expedisi dan Tenaga Kerja bisa menghubungi langsung melalui KIRIM PESAN atau nomer kontak yang tersedia.

 Kembali ke atas

  6. Pembayaran

6.1. Metode Pembayaran

  1. Transfer bank (BCA, BNI, Mandiri, BRI)
  2. Kartu Kredit (Visa, Mastercard, JCB)
  3. Alfamart
  4. Gopay

6.2. Lainnya

  1. Taniloka tidak bertanggung jawab atas input data atau informasi yang salah saat melakukan pembayaran.
  2. Dengan melakukan klik tombol BUAT PESANAN, artinya pembeli sudah membaca, memahami dan menyetujui ketentuan yang berlaku di syarat layanan.
  3. Pembayaran yang berhasil tidak bisa dibatalkan dan harus diproses atau ditolak oleh penjual.
  4. Dana pembayaran yang berhasil akan ditahan di rekening Taniloka, hingga barang diterima oleh pembeli dan terkonfirmasi oleh sistem.
  5. Penjual akan mendapat notifikasi pembelian jika pesanan sudah dibayarkan oleh pembeli. Penjual wajib untuk memproses pesanan tersebut, atau jika tidak akan mendapat sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  6. Setelah barang terkonfirmasi diterima oleh pembeli, dana pembayaran akan otomatis masuk ke saldo penjual.

 Kembali ke atas

  7. Penarikan Dana

Penarikan dana bisa dilakukan oleh penjual atau pembeli yang mempunyai saldo di rekening Taniloka.

Rekening Bank Taniloka menggunakan bank BCA, jika dalam penarikan dana muncul biaya transfer yang muncul dari perbedaan Bank maka akan dibebankan kepada pemilik rekening.

 Kembali ke atas

  8. Pengiriman

8.1. Pengiriman pesanan bisa dilakukan menggunakan pilihan :

  1. Ekspedisi umum (JNE, TIKI, POS)
  2. Taniloka Expedisi (Tanilo-X).

8.2. Ekspedisi Umum

  1. Pembeli dan penjual memahami dan menyetujui bahwa Taniloka sebagai media perantara pembeli dan penjual dengan pihak Ekspedisi umum yang ditentukan.
  2. Pembeli dan penjual memahami dan menyetujui syarat layanan dari pihak ekspedisi umum dan segala bentuk pengiriman sepenuhnya menjadi tanggung jawab ekspedisi umum.
  3. Taniloka tidak bertanggung jawab terhdapa segala kerusakan atau kehilangan barang selama pengiriman.
  4. Penjual bertanggung jawab penuh terhadap barang yang dikirim.
  5. Setelah pembeli melakukan pembayaran dan transaksi terkonfirmasi oleh system, maka penjual wajib merespon pesanan baru yang diterima.
  6. Untuk pesanan diterima, jangka waktu penjual untuk merespon pesanan adalah maksimal 2 x 24 jam sejak pesanan terkonfirmasi oleh sistem. Sedangkan waktu untuk memproses pesanan sejak terkonfirmasi menerima pesanan hingga pesanan terkirim adalah maksimal 3 x 24 jam.
  7. Jika penjual melebihi batas waktu yang ditentukan atau tidak merespon pesanan baru, maka pesanan akan dibatalkan dan penjual mendapat sanksi sesuai dengan ketentuan.
  8. Untuk pesanan yang ditolak, maka penjual wajib mengisi form penolakan dan menerima sanksi tolak pesanan.
  9. Pembeli dan Penjual dapat melakukan pelacakan pengiriman melalui system lacak, yaitu system yang terintegrasi antara system expedisi sehingga memudahkan dalam memantau pergerakan pesanan.
  10. Jika dalam pengiriman ada masalah, maka akan diselesaikan oleh penjual, pembeli dan pihak expedisi, baik melalui fitur komplain maupun media lain yang menjadi kesepakatan antar pihak.
  11. Pihak Taniloka akan menentukan keputusan akhir jika antara penjual, pembeli dan pihak ekspedisi tidak mencapai kesepakatan di fitur komplain.

8.3. Taniloka Expedisi (Tanilo-X)

  1. Pembeli dan penjual memahami dan menyetujui bahwa Taniloka adalah media perantara antara penjual, pembeli dan jasa pengiriman expedisi yang terdaftar di TaniloX. Kesepakatan antara penjual dan pembeli menjadi tanggung jawab masing-masing pihak dan Taniloka tidak bertanggung jawab atas tindakan melanggar hukum.
  2. Pengiriman menggunakan TaniloX merupakan tanggung jawab penuh dari penjual yang memilih TaniloX sebagai mitra. Penjual dan TaniloX bertanggung jawab terhadap barang selama pengiriman.
  3. Penjual bertanggung jawab penuh terhadap barang yang dikirim.
  4. Penentuan biaya pengiriman TaniloX berdasarkan kesepakatan antara pembeli dan penjual melalui media kirim pesan dan form yang tersedia.
  5. Setelah pembeli melakukan pembayaran dan transaksi terkonfirmasi oleh system, maka penjual wajib mengirim pesanan sesuai dengan expedisi Tanilox yang disepakati.
  6. Pembeli secara system akan mendapat Kode Unik sebagai tanda pemesanan barang.
  7. Pihak Pembeli memahami dan menyetujui bahwa kerahasiaan kode unik pengiriman barang menjadi tanggung jawa pembeli, termasuk jika pembeli menitipkan kode unik tersebut ke pihak lain.
  8. Pihak TaniloX wajib meminta dan menerima kode unik dari pembeli sebelum menyerahkan barang.
  9. Kode Unik harus sesuai dan terkonfirmasi oleh system sebelum Tanilox menyerahkan barang ke pembeli.
  10. Barang dianggap diterima dan transaksi selesai jika Kode Unik terkonfirmasi secara system.

 Kembali ke atas

  9. Pembatalan dan Pengembalian

9.1. Pembatalan Pesanan (Tolak Pesanan)

  1. Penjual bisa menolak pesanan dikarenakan beberapa hal, seperti stok kurang, stok kosong, jasa pengiriman tidak tersedia, dan kondisi lainnya. Namun apapun alasannya, penjual akan mendapat sanksi setiap melakukan penolakan pesanan, yaitu pengurangan lima point.
  2. Sebelum melakukan proses pemesanan, sebaiknya pembeli melakukan komunikasi terlebih dahulu dengan penjual. Pembeli bisa menanyakan ketersediaan stok dan spesifikasi barang yang kurang jelas. Sehingga diharapkan proses selanjutnya bisa meminimalisir "Tolak Pesanan dan Retur". Dalam hal ini Tolak Pesanan dan Retur akan menimbulkan biaya, seperti biaya transfer bank.
  3. Setiap Tolak Pesanan akan menimbulkan biaya transaksi pengembalian. Biaya yang timbul dari Tolak Pesanan akan dibebankan ke Penjual.
  4. Setiap Penjual mendapat credit limit Tolak Pesanan & Retur sebesar Rp. 50.000. Jika terjadi Tolak Pesanan, maka biaya akan dikurangi dari credit limit Tolak Pesanan. Jika credit limit habis, maka secara otomatis akun akan nonaktif hingga penjual melakukan pembayaran atau deposit saldo.
  5. Saat pesanan ditolak, dana yang masuk ke marketplace untuk pembelian akan dikembalikan ke saldo pembeli. Setiap biaya yang muncul dari pencairan dana di saldo akan menjadi tanggungan pemilik saldo, yaitu pembeli. Sedangkan penjual akan mendapat sanksi berupa pengurangan rating lima point dan biaya Tolak Pesanan.

9.2. Retur atau pengembalian barang

  1. Jika Pembeli belum melakukan konfirmasi terima barang.
    1. Setelah pembeli terima barang dan barang ingin diretur, maka pembeli berhak untuk mengajukan Komplain. Dengan tenggang waktu 2x24 jam atau sebelum pembayaran otomatis ke penjual. Jika melebih batas waktu tersebut maka transaksi dianggap berhasil dan pembayaran dari marketplace akan dilanjutkan ke penjual.
    2. Setelah barang diterima, sebaiknya barang langsung diperiksa apakah sudah sesuai dengan deskrispi produk yang ditawarkan penjual atau tidak.
    3. Retur barang hanya untuk barang yang tidak sesuai dengan deskrispi barang dari penjual, sedangakan jika retur dikarenakan inisiatif atau kesalahan dari pembeli, misalnya karena ukuran atau warna tidak sesuai sedangkan di deskripsi produk sudah jelas tertera, maka retur tidak bisa dilanjutkan dalam system. Pembeli dan penjual memahami dan menyetujui bahwa transaksi di luar system bukan tanggung jawab marketplace, namun tanggung jawab penjual dan pembeli.
    4. Jika pembeli akan retur, pembeli tidak perlu melakukan konfirmasi terima barang, namun langsung menuju bagian menu Komplain.
    5. Di menu komplain, pembeli menghubungi penjual dengan mengirim form Komplain, yang berisi :
      1. bukti pembelian berupa nomer invoice,
      2. bukti penerimaan barang,
      3. Bukti ketidaksesuaian antara deskripsi produk dengan barang yang diterima, bukti berupa foto atau video dari produk atau hasil chat.
    6. Saat pembeli mengirim form komplain ke penjual, maka secara otomatis di system pembayaran otomatis tertunda hingga masalah selesai.
    7. Kondisi yang bisa terjadi ketika penjual menerima form komplain.
      1. Penjual setuju retur.
        Jika penjual setuju retur maka penjual mengirimkan form Retur ke Pembeli, yang berisi : nomer resi pengiriman. Pembeli mengirimkan barang retur kemudian mengisi nomer resi pengiriman. Biaya pengirimanan dari pembeli ke penjual ditanggung oleh pembeli. Setelah barang retur diterima penjual, maka penjual perlu melakukan konfirmasi penerimaan barang retur, agar status retur “selesai”. Jika penjual tidak melakukan konfirmasi terima barang hingga tenggang waktu 2x24 jam, maka dana otomatis dikembalikan ke pembeli, yaitu dana penuh (biaya kirim pertama, biaya produk dan biaya layanan), sedangkan biaya pengembalian dana pembayan pembeli akan mengurangi credit limit Tolak Pesanan & Retur penjual.

        Jika penjual tidak menerima barang, sedangkan system di expedisi menunjukan barang sudah dikirim atau barang yang diterima tidak sesuai dengan yang dikirim, maka penjual perlu melakukan proses penundaan transaksi pencairan dana ke Pusat Resolusi. Jika tidak maka dana akan tetap dikembalikan ke pembeli.

        Setiap retur yang disetujui penjual adalah transaksi batal, dan dana pembeli akan kembali ke saldo marketplace pembeli. Biaya yang muncul dari pencairan dana di saldo akan menjadi tanggungan pembeli. Ketika pembeli ingin memesan kembali, bisa dengan melakukan proses pemesan kembali.
      2. Penjual tidak setuju retur.
        Jika penjual tidak setuju retur, maka penjual atau pembeli bisa meminta bantuan ke Pusat Resolusi marketplace. Berdasarkan form kronologi, pihak marketplace memberikan penilaian dan keputusan yang bersifat mutlak tidak bisa digugat. Misalnya, Pusat Resolusi memutuskan Pembeli tidak bisa retur, maka dana akan dicairkan ke penjual. Sedangkan jika pusat resolusi memutuskan penjual harus menyetujui retur, maka pembeli wajib mengirimkan barang ke penjual. Pengembalian dana ke pembeli baru bisa dilakukan setelah barang berhasil terkirim atau berhasil dikonfirmasi pihak expedisi.
  2. Jika Pembeli sudah melakukan konfirmasi terima barang.
    Jika pembeli sudah melakukan konfirmasi terima barang, artinya pembeli sudah memeriksa kondisi barang dan menyetujui untuk menerima barang dalam kondisi yang disetujui. Dengan ini pembeli memahami dan menyetujui bahwa tidak bisa melakukan retur barang dan dana pembelian akan diteruskan ke penjual.

 Kembali ke atas

10. Iklan

  1. Iklan utama dari Taniloka menggunakan iklan Google adsense.
  2. Iklan kedua adalah banner iklan pada spot-spot yang disediakan.
  3. Perhitungan penggunaan iklan spot berdasarkan jumlah klik yang dihitung perk klik.

 Kembali ke atas

11. Penghargaan

Penilaian penjual berdasarkan :

  1. Jumlah penjualan dengan penghargaan berupa pemberian lencana yang dihitung berdasar rating penjualan.
  2. Kecepatan dalam memproses pesanan dengan penghargaan berupa pemberian status kecepatan proses pesanan.

 Kembali ke atas

12. Hukum yang berlaku

12.1. Setiap pengguna terdaftar di Taniloka menyetujui untuk tidak melakukan :

  1. Transaksi yang berkaitan dengan obat - obatan narkotika, obat-obatan terlarang atau dibatasi peredarannya oleh undang-undang Narkotika, undang-undang Psikotropika dan undang-undang Kesehatan, tidak mempunyai ijin edar dari Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan (BPOM).
  2. Transaksi minuman Keras, dan barang lainnya yang dilarang hukum Indonesia.
  3. Unggahan atau bertransaksi media berkonten pornografi, kekerasan visual, fitnah, ujaran kebencian, SARA dan konten yang dilarang hukum Indonesia.
  4. Penggandaan entitas yang berhak cipta dan dilindungi hukum, kecuali ada persetujuan tertulis dari pemilik hak cipta.
  5. Membuat akun yang bertujuan untuk menipu.
  6. Memanipulasi harga yang bertujuan mengganggu pengguna lainnya.
  7. Melakukan tindakan yang dapat mempengaruhi peringkat secara tidak wajar.
  8. Mencoba meretas atau mengganggu jalannya layanan.
  9. Melakukan pengumpulan data pribadi dengan melanggar ketentuan.

12.2 Hukum yang berlaku pada setiap pelanggaran adalah :

  1. Pengurangan point
  2. Penghentian akun sementara hingga permanen, sesuai dengan tingkatkeseriusan pelanggaran.
  3. Tuntutan Perdata
  4. Tuntutan Pidana

 Kembali ke atas

13. Ketentuan Lain-Lain

Taniloka mempunyai hak jika suatu waktu memperbaharui atau menghapus salah satu Syarat Layanan demi keamanan dan kenyamanan pengguna. Pengguna memahami dan menyetujui semua Syarat Layanan pembaharuan dan melepaskan tanggung jawab Taniloka atas pelanggaran terhadap Syarat Layanan.

 Kembali ke atas